Pendidikan Humanis merupakan bagian dari pendekatan dalam dunia pendidikan yang sedang digandrungi oleh beberapa negara-negara maju di dunia. Indonesia sebagai negara yang menanamkan nilai-nilai luhur dan menjunjung tinggi sikap menghargai sesama sangat cocok menerapkan humanisasi pendidikan dan membangun generasi bangsa. Pelaksanaan Pendidikan yang mengedepankan sikap otoriter pendidik dalam menentukan cara belajar siswa menjadi musuh besar humanisme pendidikan. pendidikan dalam perspektif humanis merupakan suatu metode yang menganalisis kebutuhan siswa dan keinginan siswa dalam menentukan cara belajarnya. Pembelajaran yang cenderung didominsi oleh guru tentunya menjadi momok bagi terbentuknya karakter seorang siswa.

Analisis terhadap yang mendalam mengenai cara belajar siswa sangat penting dilakukan oleh seorang guru dalam menanamkan nilai pengetahuan, keterampilan dan sikap pada siswa. Keberadaan siswa dengan gaya belajar yang beragam harus menjadi perhatian bagi guru dalam memetakan gaya belajar siswa. Hal ini tentunya memudahkan bagi guru dalam mengajar bilamana siswa dikategorikan kedalam gaya belajar mereka. Sebagai contoh penentuan siswa dalam satu kelas harus didasarkan pada kesamaan gaya belajar mereka.

Kenyataan yang sangat memilukan, sistem pendidikan di Indonesia justru pada umumnya menunjukkan sistem  yang menyimpang dari pendekatan humanis ini. Hal ini harus menjadi perhatian penting bagi pemerintah dalam mengawasi jalannya pelaksanaan pendidikan di lapangan. Memang telah terbukti bahwa negara-negara yang menerapkan sistem humanis ini mampu bertengger diurutan terbaik dunia dalam hal sistem pendidikan. Sebut saja Finlandia sebagai negara yang menyandang gelar sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia juga menerapkan pendekatan humanis ini.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here