Dilema Pendidikan Tanah Air

0
35

Pendidikan merupakan jalan setiap manusia untuk menjadi pribadi yang bermanfaat. Olehnya itu, pelaksanaan pendidikan tentunya harus lebih dikembangkan dalam upaya membangun suatu peradaban manusia yang unggul. Pencapaian yang maksimal dalam dunia pendidikan akan dapat terwujud bilamana persiapan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pendidikan dilakukan dengan penuh analisis yang baik.

PERSIAPAN PENDIDIKAN TANAH AIR

Pemerintah telah melakukan upaya dalam mempersiapkan pelaksanaan pendidikan di Indonesia. upaya itu ditunjukkan dengan membuat berbagai kebijakan dalam dunia pendidikan. kebijakan terus dibuat dalam upaya perbaikan sistem pendidikan nasional seperti pembuatan undang-undang pendidikan nasional, peraturan perundang-undangan, peraturan menteri, dll. Tidak hanya itu, pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan telah melakukan beberapa perbaiakan kurikulum di Indonesia sebut saja kurikulum 2004, 2006, dan 2013. Hal ini terus dilakukan agar pendidikan di Indonesia dapat menyesuaikan dengan perkembangan pendidikan dunia tanpa meninggalkan budaya belajar bangsa yang sejak awal telah ditanamkan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan Indonesia. Namun upaya ini belum mampu menciptakan pendidikan nasional yang berkeadilan. Hal ini disebabkan  oleh masih adanya beberapa daerah yang belum siap menjalankan kurikulum tersebut dengan berbagai alasan etis dan teknis.


PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI TANAH AIR
Dalam Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia, telah dilakukan banyak penelitian dalam hal metode, pendekatan, strategi, teknik dan taknik yang dikemas dalam bentuk model pembelajaran. Tidak hanya itu, pemerintah juga dituntut untuk meningkatkan fasilitas pendidikan agar pelaksanaan pendidikan dapat berjalan dengan baik. penelitian terhadap pengembangan pembelajar telah dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi penghasil tenaga pendidik serta melalui guru yang dituntut untuk melakukan penelitian tindakan kelas. Telah banyak lahir model pembelajaran ditanah air namun hal ini belum mampu memberikan suatu tontonan pendidikan yang dapat menciptakan generasi yang unggul secara merata. hal ini disebabkan keberagaman karakter serta budaya yang dimiliki oleh setiap daerah yang ada di Indonesia. hal ini menjadi tantangan bagoi pemerintah untuk menciptakan suatu model yang fleksibel dan dapat diterapkan dengan baik di seluruh wilayah Indonesia.


EVALUASI PENDIDIKAN TANAH AIR
Dalam rangka mengukur ketercapaian pelaksanaan kurikulum yang telah di rumuskan oleh pemerintah, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap dunia pendidikan. Evaluasi ini dapat berupa ujian nasional dan berbagai kompetisi pendidikan seperti olimpiade. Hal ini menjadi momok bagi daerah-daerah yang tertinggal sebab evaluasi dilakukan dengan standar yang sama sementara fasilitas pendukung pembelajaran berbeda. Tidak sedikit keadaan ini menjadi keluhan bagi pelaksana pendidikan yang ada di daerah tertinggal. Sebut saja ujian nasional, pelaksanaannya yang saat ini berbasis komputer mengakibatkan sekolah-sekolah didaerah pedalaman mengalami kesulitan dalam pelaksanaannya akibat keterbatasan jaringan internet sementara standar kelulusan mereka disamakan dengan sekolah-sekolah di kota yang telah lebih dulu dan lebih dalam memahami tentang komputer. Hal ini menjadi PR tersendiri bagi pemerintah agar dapat memikirkan suatu sistem evalusai yang dapat mempertimbangkan lingkungan belajar siswa serta meningkatkan fasilitas pelaksanaan pendidikan secara merata agar setiap anak dapat merasakan keadilan dalam pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here