TERASPUBLIK.COM, Komisi V DPR RI telah melakukan kunjungan ke pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada hari senin (11/2/2019). Dalam kunjungan ini Komisi V menunjukkan kegagalan Tol Laut yang di rancang oleh pihak Pemerintah.

Kebijakan pemerintah Jokowi widodo dan Jusuf kalla (Jokowi-JK) membuat tol laut seharusnya dapat menjadi stabilisator harga di seluruh daerah di wilayah Indonesia, tutur Bambang Haryosokartono setelah meninjau kesiapan angkutan laut sebagai ujung tombak negara maritim.

Menurut Bambang dalam siaran Pers yang ia lakukan pada hari selasa (12/2/2019), jangan samapai harga barang didaerah yang dilalui tol laut tetap mahal, olehnya itu perlu adanya koordinasi barang apa yang dibutuhkan oleh daerah yang dituju tol laut. Jika barang yang diangkut sama saja dengan mekanisme pasar, itu artinya kondisi ini hanya menguntungkan para pedagang.

Baca Juga : Nasib petani tebu di Indonesia

“tol laut diharapkan dapat menekan disparitas harga sehingga rakyat dapat merasakan harga barang yang murah” lanjut Bambang sembari mencohtohkan hasil temuannya di Miangan, Kepulauan talaud, Sulawesi utara dimana kapal tol laut tidak menurunkan barang sama sekali padahal daerqah tersebut kehabisan stok gula yang sangat dibutuhkan oleh penduduknya. Hal ini menunjukkan kordinasi barang didaerah tidak jalan atau dengan kata lain tol laut dianggap gagal.

Jika barang yang dilalui tol laut lebih mahal dari daerah yang tidak dilalui tol laut, maka ada yang salah dan kebijakan tidak tepat sasaran. Hal ini ditunjukkan oleh bambang dengan membandingkan harga jagung di Berau, kaltim Rp. 3 ribu, sementara di Palu, Sulteng yang dilalui tol laut mencapai hampir Rp. 7 ribu. Hasil analinya menunjukkan bahwa tol laut hanya menyebabkan disparitas harga sebesar 6 persen.

“Penyebab disparitas harga sangat tinggi di pedalaman adalah menggunakan transportasi udara dan darat. Jadi Pak Jokowi jangan ngarang kalau angkutan laut berpengaruh ratusan persen disparitas terhadap harga barang,” katanya


Karena itu ia minta kepada semua pemegang kebijakan agar semua dibenahi. Tol laut menggunakan uang rakyat harus untuk kesejahteraan rakyat.

Sumber : Tribun Timur, Makassar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here